Kamis, 07 Januari 2010

Hal-Hal Yang Dapat Merusak Hati !!!

Hal-hal dibawah ini adalah, hal-hal yang dapat merusak hati.

Pertama, bergantung kepada selain Alloh! secara mutlak ini adalah merupakan penyakit yang paling merusak hati. Karna, jika seorang hamba bergantung kepada selain Alloh, maka Alloh akan menjadikan hamba itu tunduk kepada tempat dia bergantung. Alloh juga akan membuat hamba tersebut lemah dihadapan tempat dia bergantung. Hamba tersebut tidak akan mendapatkan hal yang diperole dari Alloh, karna dia bergantung kepada selain-Nya. Alloh Ta’ala berfirman:

Dan mereka telah memilih sesembahan-sesembahan selain Alloh agar sesembahan-sesembahan itu menjadi pelindung bagi mereka. Sama sekali tidak! Kelak mereka (sesembahan) itu akan mengingkari penyembahan mereka terhadapnya, dan akan menjadi musuh bagi mereka.’’ (Maryam:81-82)

Kedua, selalu mengarungi lautan angan-angan!
Lautan itu merupakan laut yang tidak bertepi. Lautan itu hanya dinikmati oleh orang-orang yang tidak mempunyai ilmu dan orang-orang yang rugi, sebagaimana ada yang mengatakan, ‘’sesungguhnya angan-angan itu adalah harta yang paling berharga bagi orang-orang yang rugi, barang dagangannya ialah janji-janji setan dan khayalan-kahayalan harta serta khayalan-khayalan kebatilan yang selalu bermain-main dengan orang yang memilikinya, sebagaimana anjing bermain-main dengan air liurnya.’’

Ketiga, Makanan!
Makanan yang merusak hati ada dua macam:

Pertama, makanan yang rusak karna makanannya, maupun karna bentuk makanan itu sendiri. Hal ini dibagi menjadi dua macam yaitu, diharamkan secara nas oleh Alloh, seperti memakan angkai, darah, daging babi, dan daging hewan bertaring dari jenis hewan buas, serta burung pemakan daging. Sedangkan yang kedua ialah, haram disebabkan oleh seorang hamba yang memakannya, seperti makan tanpa sepengetahuan pemiliknya atau dengan memaksa, serta makanan yang dimakan tanpa kerelaan pemiliknya.

Kedua, makanan yang merusak hati karna ukuranya, maupun karna melampaui batasan-batasannya. Misalnya berlebihan memakan-makanan yang halal dan kekenyangan hingga menyebabkan malas. Menjadikan seorang hamba berat untuk menjalankan ibadah kepada Alloh, serta menyibukan seorang hamba untuk menghilangkan beban didalam perutnya dan terus sampai beban dalam perutnya hilang.

Keempat, memperbanyak tidur!
Tidur dengan intentitas tinggi dapat mematikan hati, melemahkan tubuh, menyia-yiakan waktu, serta menghasilkan sifat malas dan lalali. Termasuk jenis tidur yang makruh menurut ulama ialah, tidur antara sholat subuh dan terbitnya matahari. Tidur yang tidak bermanfaat ialah tidur diawal malam, yaitu tidur sesudah tengelamnya matahari sampai waktu Isya’ berlalu. Nabi membenci tidur yang seperti itu. Scara syari’ah,hukum dari tidur seperti itu adalah makruh.

‘’Wallohu’alam’’
Dikutip dari kitab Madarij As-Salikin
Karya Ibnul Qayyim Al-jauziyyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar